Kalau membicarakan topik Islamic Finance semisal Islamic Banking atau di Indonesianya Perbankan Syariah, kemudian, Asuransi Syariah atau Takaful, kemudian BMT, dan sebagainya, maka hal ini bisa dikatakan sedang menjadi topik mainstream (arus utama) di Indonesia dan di dunia. Berkutat pada bidang ini dan bertemu dengan orang-orang di bidang ini semua akan terasa jadi sangat biasa. Sedikit ke Ciputat, ketemu alumni Perbankan Syariah, sedikit ke Bogor ketemu dosen Keuangan Syariah, sedikit ke Malaysia ketemu mahasiswa Syariah yang ingin konsentrasi ke Islamic Finance. Yups.. all those mainstream people.

Dari hal di atas kemudian kita kembalikan pada diri kita sendiri. Apakah ini murni ketertarikan atau ikut-ikut arus utama. Tajdidunniyah ceritanya. Kalau ketertarikan, maka berenanglah setelah tercemplung, jangan tenggelam dan membiarkan air membawa kita. Totallah di sini. Jangan ragu-ragu.

Baiklah.. kalau kita membahas perkembangan Islamic Finance di Indonesia. Arus utama, banyak peminatnya, tapi tetap saja kekurangan orang. Bang Hendri, mantan dosen saya di IPB sekaligus kakak kelas di Islamabad sini, pernah mengatakan bahwa kebutuhan alumni luar negeri di bidang ini masih sangat besar. Ya menjadi dosen lah, konsultan lah, analis lah, praktisi lah. Malah, kata beliau, ‘Sekalian ambil S3’. Jeng jeng… ketakutan saya. Kenapa? Karena ilmu yang dimiliki sebatas menyerap, belum pernah dipakai mengajar bahkan praktik.

Lalu bagaimana? Jawabanku sih ya tetap berenang itu tadi. Perindah gaya renangmu. Jangan gaya bebas atau gaya dada saja. Soal yang S3? Kita lihat lagi nanti. Semoga peluangnya terbuka lebar pada saatnya. Aaaamiiiin yaa Robb!!😀

OK.. itu soal Islamic Finance. Nah, bagaimana dengan Islamic Economics? Nah, ini lebih jarang lagi… karena IE lebih berkutat pada teori dan analisa bukan praktik nyata seperti IF. Islamic Microeconomics, Islamic Macroeconomics, dan turunan-turunannya masih menjadi bahasan hangat para pembuat teori IE. InsyaaaLlah kita coba dalami IE ini sehingga ada manfaatnya di tanah air.

Intinya, tulisan ini adalah tulisan untuk meredakan kegalauanku terhadap proses tesis. Semoga lancar jaya semuanyaaaa!!! aaamiiiin…

Islamabad – Kamis, 25 September 2014

Ibfahyani

Advertisements